Panduan KI - KD Bahasa Korea kelas X



A.   Kompetensi Setelah Mempelajari Bahasa dan Sastra Korea di Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah

Kompetensi Bahasa dan Sastra Korea di SMA/MA yaitu:
Kelas  X
Kelas XI
Kelas XII
Kompetensi
Berbahasa Korea
setara TOPIK 1
*Mampu meniru dan mengucapkan lafal bahasa Korea dengan baik dan benar
*Mampu menangkap dan mengucapkan  kalimat pendek atau ungkapan sehari-hari
*Menguasai 250 kosa kata
*Menguasai tata bahasa dasar dalam kalimat sangat sederhana
*Mampu membaca dan menulis kalimat sederhana
Kompetensi
Berbahasa Korea
setara TOPIK 1
*Mampu menangkap makna kalimat pendek dan berkomunikasi
*Meniru kalimat sederhana dengan menggunakanbahasa Korea yang terkait dengan percakapan sehari-hari
*Menguasai 250 kosa kata baru (total 500 kosa kata)
*Menguasai tata bahasa dasar dalam kalimat bertingkat
*Mampu membaca dan menulis teks deskripsi sederhana
Kompetensi
Berbahasa Korea
setara TOPIK 1
*Mampu menangkap ujaran dan tulisan pendek
*Mampu membuat kalimat sederhana dengan bahasa sendiri
* Mampu menggunakan bahasa Korea yang terkait dengan percakapan sehari-hari
*Menguasai 300 kosa kata baru (total 800 kosa kata)
*Menguasai tata bahasa dasar dalam kalimat kompleks
*Mampu membaca dan menulis teks narasi


B.   Kerangka Pengembangan Kurikulum Bahasa dan Sastra Korea

Kerangka Pengembangan Kurikulum Bahasa Asing tingkat SMA/ MA mengikuti elemen pengorganisasian Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan level kompetensi bahasa Korea (TOPIK). Kompetensi Inti yaitu:

Kelas X
Kelas XI
Kelas XII
KI 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
         Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Korea terdiri atas materi ajar yang berupa tindak tutur dalam bentuk lisan dan tulis, teks deskriptif, lagu dan atau narasi terkait memperkenalkan diri, bangunan, benda, orang dan binatang di lingkungan sekolah, rumah dan tempat tinggal, kegiatan sehari-hari, kegiatan waktu senggang, perjalanan/wisata. Lingkup materi  sebagai berikut:



Lingkup Materi
Kelas X
Kelas XI
Kelas XII
1.    인사 (menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf dan meresponnya)
2.    자기 소개 ( memperkenalkan diri dan identitas diri)

3.    요일과 날짜 (informasi nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, tanggal, bulan, dan tahun)

4.    공동 시설 (benda dan bangunan publik)

5.    Deskripsi sifat orang, benda, binatang (형용사)

6.    lagu berbahasa Korea yang liriknya terdapat kosa kata terkait dengan materi yang dipelajari


1.      Meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, meminta/mengungkapkan pendapat
2.      Pernyataan dan pertanyaan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan

3.      Pernyataan dan pertanyaan tentang keberadaan orang dan benda dalam jumlah yang tidak tertentu

4.      Teks naratif tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum

5.      Teks interaksi lisan dan tulis terkait sebab akibat dan hubungan kebalikan, serta hubungan perbandingan

6.      Undangan pribadi dan ucapan selamat (연하장)
7.      Pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan

8.      Lagu berbahasa Korea yang liriknya terdapat kosa kata terkait dengan materi yang dipelajari
1.      Pernyataan terkait harapan dan doa



2.      Pernyataan dan pertanyaan tentang keharusan dan himbauan, serta persetujuannya dalam melakukan suatu tindakan/kegiatan

3.      명령 (instruksi, menyuruh, melarang, meminta ijin)


4.      Pernyataan dan pertanyaan tentang maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan

5.      Pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian pada waktu yang akan datang (미래형)

6.      Teks naratif lisan dan tulis dalam bentuk biografi sangat singkat dan sederhana (과거형)

7.      Label untuk obat/makanan/minuman, terkait dengan iklan produk jasa

8.      Lagu berbahasa Korea yang liriknya terdapat kosa kata terkait dengan materi yang dipelajari
         
C.   Pembelajaran dan Penilaian
1. Pembelajaran
Pembelajaran bahasa dan sastra Korea di sekolah dilakukan menggunakan pendekatan saintifik yang mengutamakan keaktifan peserta didik sebagai pusat kegiatan pembelajaran dalam mempelajarinya diri sendiri dan alam sekitar dengan melaksanakan 5M. Pengejawantahan 5M dalam pendekatan saintifik ini dapat dilakukan antara lain dengan Genre-based Learning atau model pembelajaran lain yang sesuai. Dengan demikian pembelajaran bahasa dan sastra Korea memberi penekanan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah.         
Pembelajaran bahasa dan sastra Korea diarahkan untuk “mencari tahu” dan “berbuat” sehingga dapat membantu peserta didik memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang komunikasi dengan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, pendekatan yang diterapkan dalam menyajikan pembelajaranan bahasa dan sastra Korea adalah memadukan antara pengalaman proses berbahasa Korea dan pemahaman serta perkembangan teknologi komunikasi dalam bentuk pengalaman langsung yang berdampak pada sikap peserta didik yang mempelajari bahasa dan sastra Korea.

2. Penilaian
Penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran bahasa dan sastra Korea mencakup penilaian sikap, pengetahuan serta keterampilan. Penilaian sikap dapat dilakukan dengan cara observasi, yaitu dengan malakukan pengamatan terhadap sikap jujur dan peduli melalui perilaku sehari-hari, interaksi antar teman,  penilaian diri, serta dengan penilaian jurnal. Penilaian terhadap pengetahuan dapat dilakukan dengan tes tertulis (baik pada tataran kosakata, tata bahasa, maupun struktur teks), juga dapat dilakukan dengan observasi terhadap hasil diskusi, tanya jawab dan percakapan, serta dengan memberikan penugasan. Penilaian terhadap keterampilan berbahasa dapat dilakukan secara tertulis atau dengan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk memperlihatkan hasil (1) unjuk kerja/kinerja/praktik, (2) projek, (3) produk, (4) portofolio, yang meliputi 4 keterampilan bahasa : Mendengarkan, Berbicara, Membaca dan Menulis yang di dalamnya didukung oleh pengetahuan tentang kebahasaan seperti fonetik yang tepat, penggunaan kosakata yang benar, penggunaan struktur tata bahasa yang tepat, serta penerapan ejaan yang benar dan pengetahuan  lintas budaya dengan memperhatikan fungsi sosial kebahasaan itu sendiri. Hasil keterampilan yang dinilai dapat berupa  karangan tentang diri sendiri atau keluarga, dapat juga berupa mading atau hasta karya bertuliskan petunjuk dalam bahasa Korea, hasil penerjemahan, atau percakapan dengan bermain peran.

Penilaian sikap digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut sesuai dengan kondisi dan karakteristik peserta didik.

  1. Kontekstualisasi Pembelajaran Sesuai dengan Kondisi Lingkungan dan Peserta Didik.

Kegiatan Pembelajaran pada silabus ini dapat disesuaikan dan diperkaya dengan konteks daerah atau sekolah, serta konteks global untuk mencapai kualitas optimal hasil belajar pada peserta didik terhadap Kompetensi Dasar. Kontekstualisasi pembelajaran tersebut agar peserta didik tetap berada pada budayanya, mengenal dan mencintai alam dan sosial di sekitarnya, dengan perspektif global sekaligus menjadi pewaris bangsa sehingga akan menjadi generasi tangguh dan berbudaya Indonesia.
Sejalan dengan karakteristik pendidikan abad 21 yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2103 juga memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media dan sumber belajar. Pemanfaatan TIK mendorong peserta didik dalam mengembangkan kreativitas dan berinovasi serta meningkatkan pemahaman dan pengetahuan Bahasa Indonesia.
Pembelajaran Bahasa Indonesia memanfaatkan berbagai sumber belajar seperti buku teks yang tersedia dalam bentuk buku guru dan buku siswa. Sesuai dengan Karakteristik Kurikulum 2013, buku teks bukan satu-satunya sumber belajar. Guru dapat menggunakan buku pengayaan atau referensi lainnya dan mengembangkan bahan ajar sendiri seperti LKS (Lembar Kerja Siswa). Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, LKS bukan hanya kumpulan soal.

A. Kelas X
Alokasi Waktu: 3 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1  Membedakan tindak tutur menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, serta meresponnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi interpersonal lisan dan tulis

4.1 Menerapkan tindak tutur menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan meresponnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Teks interaksi interpersonal lisan dan tulis untuk  mengungkapkan (a) sapaan, (b) pamitan, (c) ucapan terimakasih, dan (d) permintaan maaf, serta responnya.
·   Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
·   Struktur teks
Sapaan (인사 )

Berpamitan
·      Unsur kebahasaan
(1)  ㅂ니다/습니다 / , /,  이다 , /, ㅂ니까/습니까?
(2)  Vokal dasar
(3)  Konsonan dasar
(4)  Vokal perluasan
(5)  Konsonan ganda
(6)  받침
(7)  Berlatih membaca, dan menulis Hangeul
(8)  Tulisan tangan
* Menyaksikan, menyimak, dan meniru ucapan guru/kaset/video yang berisi aktivitas menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf dalam bahasa Korea
*Praktik menanya, menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta meresponnya
*Berlatih secara mandiri dengan membaca secara nyaring teks 인사, kemudian menyalinnya
*Bermain peran dan atau bercakap-cakap bersama teman dengan mengunakan tuturan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta meresponnya dengan tujuan tertentu yang berfungsi dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat.
*Mengirim salam berbahasa Korea lewat media sosial seperti Whatsapp dalam grup kelas bahasa Korea
3.2  Memberi contoh tindak tutur memperkenalkan diri dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
4.2 Menerapkan tindak tutur untuk menyatakan, menanyakan dan merespon perkenalan diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Teks interaksi lisan dan tulis memberi dan meminta informasi terkait jati diri
(자기 소개)
·    Fungsi sosial
Mengenalkan, menyebutkan identitas, untuk saling mengenal dan menjalin hubungan antar pribadi dengan teman dan guru.
·   Struktur teks
Unsur kebahasaan
(1)   Status hubungan kekerabatan, teman, tetangga
(2)   Kata tanya:무엇? 누구? 어디?니까?
(3)   Partikel : /, / , /
(4)   Kata kerja : 가다, 만나다, 보다, dsb.
(5)   Ucapan, tekanan kata, intonasi
(6)   Ejaan dan tanda baca
(7)   Tulisan tangan
* Peserta didik menyaksikan, menyimak, dan meniru ucapan guru/kaset/video terkait jati dri.
*Praktik memperkenalkan diri dengan berbahasa Korea
*Berlatih secara mandiri dalam memperkenalkan diri, serta meresponnya dengan mengunakan bahasa Korea yang baik dan benar.
*Menulis karangan sangat singat dan sederhana tentang memperkenalkan diri.
* Menebak status dan/atau jati diri seseorang dengan melihat gambar atau video

3.3  Menggolongkan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, dan angka, sesuai dengan konteks penggunaannya (grammar), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis

4.3 Menentukan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, dan angka dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Teks interaksi lisan dan tulis  untuk menyatakan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (f) tahun
(요일과 날짜)
Fungsi sosial
Memberi/meminta informasi terkait.
·    Struktur teks
a.  membuka
b.    Transaksi
c.    penutup
·   Unsur kebahasaan
(1)   Kosa kata terkait
(2)   Kata kerja dalam bentuk 현재형.
(3)   Kata tanya , 무슨, 어디, ㅂ니까/습니까?
(4)   Angka  Shino Korean dan angka asli Korea.
(5)Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(6)Ejaan dan tanda baca
(7)Tulisan tangan
* Peserta didik menyaksikan, menyimak, dan meniru ucapan guru/kaset/video terkait nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (f) tahun
*Praktik menanya nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (f) tahun
*Berlatih secara mandiri dengan suara nyaring dalam menyebut nama (a) hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (f) tahun.
*Permainan menyebut nama hari, bulan, dan tahun.
* Menulis hari-hari penting bagi siswa dengan bahasa Korea
3.4  Mendemonstrasikan nama benda dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis

4.4 Menerapkan tindak tutur untuk menyatakan nama benda dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


Teks lisan dan tulis untuk  menyatakan dan menanyakan nama benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik sehari-hari
(물건 사기)  
·   Fungsi sosial
Meminta dan memberi informasi terkait.
·   Struktur teks
membuka
menanggapi
penutup
·   Unsur kebahasaan
(1)    Nama benda dan bangunan umum di lingkungan rumah dan sekolah
(2)    Kata tanya , 무슨, 어느,
(3)    Kata ganti benda: 이것, 그것, 저것
(4)    Kata tunjuk benda:
여기, 거기, 저기
(5)    kata kerja Kata kerja yang menunjuk tindakan yang sangat lazim dan terkait dalam 현재형
(6)    Tulisan tangan.
Membuat paragraf 
물건 사기
·      Peserta didik menyaksikan, menyimak, dan meniru ucapan guru/kaset/video terkait ucapan nama benda dan bangunan umum di lingkungan rumah dan sekolah
·      Praktik menyebut dan menunjuk nama benda dan bangunan umum di lingkungan rumah dan sekolah
·      Berlatih secara mandiri dengan suara nyaring dalam membaca nama benda dan bangunan umum di lingkungan rumah dan sekolah.
·      Menulis nama benda dan bangunan umum di lingkungan rumah dan sekolah dalam bentuk-bentuk yang menarik, seperti mading atau poster

3.5  Mendeskripsikan  sifat orang, benda, binatang dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis

4.5 Menjelaskan sifat orang dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks



Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang dan benda
·   Fungsi sosial
Meminta dan memberi informasi tentang sifat orang dan benda.
·   Struktur teks
membuka
Transaksi
Penutup
·    Unsur kebahasaan
(1)  Kata sifat terkait fisik, mental, psikologis
(2)  Kata  tanya 동생이 어떤 사람이에요?
왜 좋아합니까?
(3)  Adverbia: 아주, 너무
(4)  Kata ganti  benda , , ,
(5)   Afiks dan sufiks dalam 현재형: ㅂ니다/습니다.
-// 하다
- 싶다
N보다
·      Peserta didik menyaksikan, menyimak, dan meniru ucapan guru/kaset/video terkait kosa kata tentang sifat orang
·      Latihan percakapan menanyakan sifat seseorang
·      Membawa foto keluarga dan menjelaskan sifat tiap anggota keluarga
·      Menulis cerita singkat mengenai sifat teman dekat atau binatang peliharaan
3.6  Menjabarkan tindak tutur untuk menyatakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, benda, dan binatang, sesuai dengan konteks penggunaannya dan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis
4.6Mendemonstrasikan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, benda, dan binatang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi dari orang dan benda
Deskripsi sifat orang, benda, binatang .
·   Fungsi sosial
Meminta dan memberi informasi terkait yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
·   Struktur teks
Memulai
Menanggapi
Unsur kebahasaan
(1)  Kata tanya dan pernyataan negatif  
(2)  Penyebutan kata kerja yang sangat lazim dan terkait dalam 현재형
(3)  Preposisi: , , 아래, , untuk menunjukkan  posisi tempat
(4)  Preposisi  menunjukkan waktu  dan tempat


(5)  paragraf : ‘우리 방은 깨끗해요
·      Peserta didik menyaksikan, menyimak, dan meniru ucapan guru/kaset/video tentang fungsi dari orang dan benda.
·      Membawa gambar benda yang paling penting dan menjelaskan fungsinya.
·      Latihan percakapan menanyakan fungsi dari orang dan benda.
·      Menulis cerita singkat mengenai fungsi dari orang dan benda


3.7  Mendeskripsikan  orang, benda, binatang dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

4.7 Menerapkan tindak tutur untuk mendeskripsikan orang, benda, dan binatang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Teks deskriptif sangat pendek dan sederhana, tentang orang dan benda
·   Fungsi sosial
Membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb
·   Struktur text

·   Unsur kebahasaan
(1)  Penyebutan  posisi kata benda dengan preposisi ; ///밑에 있어요
(2)  Kata ganti orang/benda :
, , , 당신, 우리, //저사람/ 이것, 그것, 저것 , dst
(3)  Kata sifat yang sangat lazim,
(4)  Kata kerja untuk menyatakan keadaan dan tindakan rutin dalam 현재형,
(5)  Ucapan,
(6)  Ejaan
(7)  Tulisan tangan
Membuat paragraf “ 나의 하루
·         Peserta didik menyaksikan, menyimak, dan meniru ucapan guru/kaset/video terkait kosakata tentang fungsi orang dan benda.
·         Membawa gambar benda yang paling penting dan mendeskripsikannya.
·         Latihan percakapan menanyakan fungsi dari orang dan benda
·         Menulis deskripsi tentang orang dan benda, sangat pendek dan sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat
3.8  Mendemonstrasikan lirik lagu berbahasa Korea dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis

4.8 Menjelaskan makna lirik lagu
Teks lagu pendek dan sederhana
·   Fungsi sosial
Memahami pesan moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya seni
·   Unsur kebahasaan
(1)  Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2)  Ucapan, tekanan kata, intonasi
(3)  Ejaan
(4)  Tulisan tangan

·         Menyaksikan, menyimak, dan meniru lagu.
·         Melengkapi lirik lagu yang rumpang
·         Menyanyikan lagu Korea

 

Comments

Popular posts from this blog

语法

latihan soal

汉子